Banda Aceh ; Acehchannel.com -  Seiring perkembangan zaman yang semakin hari semakin maju dan meningkat, banyak permainan-permainan kreatif masa lalu yang kini terlupakan dan diganti dengan permainan-pemaninan modern yang menoton, seperti gadget dan XBox.

Baca Juga:

Beberapa permainan-pemainan kreatif yang hanya kamu temui antara tahun 90-an hingga 2005 antara lain sebagai berikut:

1. Engklek

Engklek
Beberapa anak kecil terlihat sedang menunggu gilirilan sembari menyaksikan temannya bermai. (Foto: FACEBOOK)
Permainan ini melatih ketangkasan dan kesabaran. Jika teman kamu terlalu pintar dalam bermain. maka jadilah penonton yang budiman sembari barsabar. Permainan ini juga melatih tingkat akurasi lemparan yang harus kamu lakukan sebelum memulai permainan. Papan main berbentuk kubus harus kamu lewati untuk mencapai satu poin.

2. Meriam Suluh

Bahasa Acehnya, Meriam suluh
Beberapa orang anak teihat antusias meniup dan membakar Meriam suluh (Foto: FACEBOOK)
Permainan yag satu ini sudah sangat jarang ditemui. Tetapi di beberapa daerah masih sangat kental dan akrab dengan permainan yang satu ini, sebut saja di Pidie, Aceh. Biasanya Meriam Suluh mulai muncul ketika bulan puasa tiba dan puncaknya di malam lebaran. Antara satu desa dengan desa lainnya saling berlomba seberapa besar letusan yang dihasilkan untuk sekali pembakaran. Walaupun tidak dalam bentuk perlombaan resmi. Tidak pelak, alis pun ikut terbakar jika kamu kurang hati-hati. Saat ini permainan Meriam suluh sudah jarang kita jumpai dan kalaupun ada, bahan bakaranya sudah beralih dari Bensin menjadi karbit.

3. Bahasa Acehnya, "Bude Trieng"

Bahasa Acehnya, "Bude Trieng"
Dua orang anak sedang mengepung Musuh (Foto: FACEBOOK)
Secara pribadi, saya salut apabila pengguna senjata rakitan yang satu ini bisa akurat. Karena memang pada dasarnya senjata ini pada dasarnya tidak pernah akurat dan jarah tempuh pelurunya pun hanya mencapat 5 meter. Menggunakan peluru yang diperoleh dari alam, senjata ini memang ramah lingkungan.

Nah... itulah beberapa permainan masa kecil kamu yang tidak kamu temui lagi saat ini. Simak permainan-permainan masa kecil lainnya yang sudah langka di Postingan selanjutnya ya.

Post a Comment

Powered by Blogger.